Hallo, Selamat Datang!

HMTL UII

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia Salam Lestari

Sunday, January 9, 2022

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

GALERI KEGIATAN HMTL UII 2020/2021

 Berikut kegiatan dari HMTL Adaptif UII  

 

Departemen Dalam Negeri

1.  DIKSI (Diskusi dan Silaturahmi) 

 Diksi atau diskusi dan silaturahmi merupakan kegiatan yang bertujuan sebagai ajang berdiskusi serta bersilaturahmi keluarga Teknik Lingkungan yang terdiri dari mahasiswa Teknik lingkungan, dosen, karyawan maupun alumni. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan diskusi dan silaturahmi sehingga semuanya dapat mengenal dengan baik 




 

2. Enviro Graduation 

Enviro Graduation adalah kegiatan untuk mengapresiasi mahasiswa dan mahasiswi yang sudah di wisuda yang dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa aktif Tekni lingkungan UII 

 




Departemen Minat dan Bakat

1.  Enviro Champion 

 Enviro Champion adalah kegiatan rutin HMTL UII dalam ajang Perlombaan E-sport yang mana diikuti oleh mahasiswa aktif Teknik Lingkungan UII. Pandemi ini tidak menghalangi kegiatan ini karena perlombaan diadakan secara online. 

 


 

2. NATURE

Nature atau Night of Art and Culture adalah kegiatan mengenalkan UKM seni HMTL FTSP UII, mengapresiasi minat dan bakat mahasiswa/i Teknik Lingkungan FTSP UII di bidang seni, serta meningkatkan kreativitas mahasiswa/i Teknik Lingkungan FTSP UII di bidang seni.  



 



3. UKM Olahraga 

UKM olahraga adalah Unit Kegiatan Mahasiswa bidang non akademik. UKM ini mewadahai minat dan bakat kepada Mahasiswa TL UII di bidang olahraga yang mencakup  kegiatan futsal, basket dan bulu tangkis 

 



 


 

3. UKM Seni  

UKM Seni adalah Unit Kegiatan Mahasiswa bidang non akademik. UKM ini mewadahai minat dan bakat kepada Mahasiswa TL UII di bidang seni seperti musik, tari serta media berisi bidang di bidang desain grafis, video grafis, dan fotografi.




 




Departemen Keilmuan 

1.  Ristek  

 Ristek atau riset dan teknologi adalah UKM dalam bidang keilmiahan, kegiatan untuk mengembangkan minat dan potensi terkait pengembangan riset keilmiahan dan teknologi. Dengan melakukan aktivitas seperti pelatihan penyusunan KTI dan atau Mading mengenai riset dan Teknologi 



 

 

 

2. Evic

Evic atau Environmental English Comunity adalah sebuah UKM  yang mewadahi mahasiswa Teknik Lingkungan UII untuk menyalurkan minat dan bakatnya di bidang Bahasa Inggris. 



 (foto) 


 

 

3. Enviro Training  

Enviro Training adalah kegiatan  sosialisasi kepada mahasiswa Teknik Lingkungan UII terkait pelatihan. Serta kegiatan pelatihan bersertifikasi untuk mahasiswa Teknik Lingkungan dalam keahlian tertentu dimana pelatihan tersebut tidak ada di kegiatan perkuliahan


Departemen PSDM 

1.  LDK 2020  

 LDK 2020 adalah Latihan Dasar kepemimpinan ditujukan untuk Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2020 dengan tujuan mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan dalam diri mahasiswa dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sifat dan sikap kepemimpinan. Kegiatan berisi dengan serangkaian acara dengan 3 (tiga) materi pembahasan yaitu, Kepemimpinan, Problem Solving dan Public Speaking, serta Manajemen Diri.

 (foto)


 


2. FOCUS  2021

 Forum Discussion (FOCUS) 2021 merupakan suatu program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya dalam disiplin ilmu, keterampilan public speaking, dan cara critical thinking serta menjadikan mahasiswa yang peka dan tanggap. Mahasiswa dan keorganisasian sering kali dikaitkan dengan perubahan baik secara makro maupun secara mikro.

 



Departemen Pengabdian Masyarakat  

1. Dusun Binaan   

 Dusun Binaan adalah kegiatan yang bertujuan menciptakan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan serta mandiri dalam mengelola lingkungan. Kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu budidaya lele dan kangkung serta controlling ke dusun binaan. 

 



 

 

2. Zero waste 

Zero Waste merupakan kegiatan mengurangi atau meminimalisir dan mendaur ulang sampah yang masih layak digunakan untuk digunakan kembali di lingkungan FTSP UII.  Zero Waste ini dijalankan oleh Mahasiswa aktif TL UII. selain di lingkungan FTSP zero waste juga mengedukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah. 

 



3. Aksi Sosial   

 Aksi Sosial adalah salah satu program kerja dari Departemen Pengabdian masyarakat dalam bentuk pelaksanaan Kegiatan sosial dengan target masyarakat. Tujuan dari program kerja Aksi Sosial adalah Membawa nama HMTL FTSP UII untuk membantu masyarakat dengan pelaksanaan kegiatan sosial. 

 

 


 


2. Hari Lingkungan 

Hari Lingkungan adalah kegiatan partisipasi HMTL UII dalam memperingati Hari Lingkungan. yang mana terdapat 2 kegiatan yaitu perayaan hari sungai nasional serta hari menanam pohon sedunia 






Departemen Hubungan Luar  

1. Kunjungan Himpunan Online    

 Kunjungan Himpunan Online ini termasuk kedalam fungsi departemen Hubungan luar. Kegiatan kunjungan online adalah aktivitas sharing secara online untuk tujuan bisa saling  peningkatan kualitas kinerja keorganisasian. 




  

2. Kelas Alumni 

Kelas alumni adalah kegaitan sharing bersama alumni TL UII dengan tujuan  menjalin silaturahim antara mahasiswa, prodi, dan alumni serta sharing pengalaman oleh alumni dalam dunia kerja. 

 



Departemen Informasi dan Komunikasi   

1. E-Tutor    

 e-tutor adalah bimbingan belajar oleh tentor  kepada mahasiswa untuk membantu kelancaran dalam proses mengerjakan tugas besar yang membutuhkan aplikasi seperti Qgis  untuk menyelesaikannya.










0 komen:

Gedung FTSP UII, Jln. Kaliurang KM 14, Sleman, Yogyakarta
082280705508 (INFOKOM)
081806698002 (HUBLU)

SEND US A MESSAGE