Hallo, Selamat Datang!

HMTL UII

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia Salam Lestari

Sunday, June 7, 2020

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Hasil Forum Discussion Bersama Pendiri Sekolah Tani Muda Bapak Muhammad Qomarun Najmi


    

       


Krisis pangan memang sudah di hadapi akhir-akhir ini tetapi adanya musibah Covid-19 di dunia menambah parah permasalahan Krisis pangan. Krisis pangan bukan hanya di lihat dari segi ekonomi saja, tetapi bisa di lihat dari segi lingkungannya. Karena masyarakat mempunya peran terhadap keberlangsungan pangan. Sebenarnya belum tentu barangnya seperti garam, buah-buahan di impor itu Indonesia kekurangan.

     Pangan di bagi menjadi dua yaitu produksi dan distribusi. Produksi, walaupun harga murah tetapi petani atau produsen berprinsip bahwa konsumen suatu saat akan membutuhkan (ketergantungan) maka dari itu petani atau produsen tidak akan merugi karena itu akan menjadi investasi mereka di kemuadian hari sekitar 5-10 tahun mendatang. Suatu hal yang menjadi permasalahan adalah distribusi karena adanya Covid-19 distribusi banyak kendalanya karena pembatasan sosial di berbagai lini seperti tranportasi ataupun karena industri-industri yang biasa memasok hasil tani mereka gulung tikar/tutup.

     Dengan adanya program petani muda di harapkan generasi-generasi seperti sekarang lebih mengerti dan mau belajar tentang bertani, dan lebih memahami betapa pentingnya pangan untuk keberlangsungan hidup.
Sebenarnya Indonesia cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri, namun karena adanya krisis yang bermunculan membuat Indonesia melakukan impor bahan pangan. Ingat kata bung Karno “ Kita itu tidak miskin, tetapi kita itu dimiskinkan.” Hal itu yang memicu para petani untuk menyuruh anaknya tidak menjadi petani juga. Oleh karena itu, daerah persawahan banyak yang dijual guna menutupi kebutuhan serta agar tidak dilanjutkan oleh anak-anak mereka.

0 komen:

Gedung FTSP UII, Jln. Kaliurang KM 14, Sleman, Yogyakarta
085743124922 (INFOKOM)
082220965081 (HUBLU)

SEND US A MESSAGE