Hallo, Selamat Datang!

HMTL UII

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Islam Indonesia Salam Lestari

Wednesday, December 1, 2021

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Press Release : FOCUS II

 


 

FOCUS #2

PERAN GENERASI Z DALAM MENGHADAPI KRISIS IKLIM

Oleh : Kelompok 10

·       Pengertian Gen Z

GEN Z sendiri adalah orang orang yang lahir pada antara tahun 1996- 2015, dari situ kita dapat melihat bahwa gen z sendiri saat ini berkisar antara umur 26- 6 tahun. Gen z juga merupakan generasi dimana peradaban dan kemajuan teknologi sangat pesat sehingga tidak heran bila gen z cenderung kecanduan terhadap teknologi terutama smartphone.

 

·       Dampak akibat kemajuan teknologi

Saat ini, manusia tidak dapat dihindari oleh kemajuan teknologi yang semakin hari semakin maju dan sangatlah dibutuhkan apalagi di masa pandemic saat ini dimana semua kegiatan dilakukan secara online karena tidak memungkinkan untuk dilakukan seperti biasa secara langsung, hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran rantai virus corona. Kemajuan teknologi sendiri banyak mempermudah manusia dalam menjalankan aktifitas dan kegiatannya. Di era pendemi seperti sekarang sangat sulit untuk bertemu satu sama lain bahkan untuk bekerja dan belajar, dengan adanya teknologi itu mempermudah dalam melakukan pekerjaan yang saat ini tidak hanya bisa dilakukan dari kantor namun dapat dikerjakan dari rumah. Kegiatan belajar, mengajar dan mendidik juga terkena dampak dari pandemic karena tidak dapat dilakukan secara langsung di sekolah ataupun universitas, oleh karena itu digunakan teknologi agar kegiatan tersebut dapat terus dilakukan meskipun tidak secara langsung. Namun dibalik dampak positif terdapat juga dampak negative yang dirasakan yaitu dengan adanya teknologi, manusia terlena dan cenderung menjadi orang yang lebih malas, dan juga dengan lengkapnya fasilitas yang diberikan oleh teknologi manusia menjadi orang yang lebih anti sosial dan individualis karena terlalu asik dengan dirinya sendiri sehingga tidak memperdulikan orang lain. Dampak negative lain yang dirasakan saat ini adalah sering terjadinya pelecehan seksual yang disebabkan oleh kurangnya Pendidikan moral dari keluarga dan juga kurangnya perhatian keluarga dalam memberikan Pendidikan agama untuk anak sehingga kurangnya simpati dan empati terhadap orang lain.

 

·       Peran Generasi Z dalam perubahan Iklim

Saat ini semakin majunya jaman dan teknologi menyebabkan banyak perubahan dibumi salah satunya perubahan iklim yang saat ini sangat terasa perbedaanya, sering terjadi bencana alam di daerah masing masing dikarenakan cuaca yang ekstrem seperti di daerah saya. Saat ini, intensitas banjir di daerah saya lebih tinggi disbanding 5 tahun sebelumnya, itu dikarenakan pemanasan global yang berujung pada berubahnya musim, tidak ada lagi pembatas antara musim hujan dan musim kemarau. Pemanasan global juga menyebabkan cairnya es di kutub yang menyebabkan muka air laut setiap tahunnya naik dan sangat mengancam negara kita Indonesia dikarenakan dapat menengelamkan pulau pulau yang ada di negara kita tercinta.

 

·       Hal hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi perubahan iklim dan global warming:

-        Mengurangi penggunaan alat yang sulit terurai seperti kantong kresek, botol plastic sekali pakai, sterofom dan mengganti dengan alat yang lebih ramah lingkungan seperti botol tumblr, box makanan dan tote bag

-        Menggunakan trasnportasi umum supaya mengurangi emisi gas yang dapat menyebabkan pemanasan global warming semakin parah

Tidak membuang sampah sembaragan sehingga lebih mudah untuk diolah dan tidak menyebabkan banjir

0 komen:

Gedung FTSP UII, Jln. Kaliurang KM 14, Sleman, Yogyakarta
082280705508 (INFOKOM)
081806698002 (HUBLU)

SEND US A MESSAGE